Rabu, 30 Maret 2011

 1.PENGERTIAN PERL

Perl adalah bahasa pemrograman untuk segala keperluan, dikembangkan pertama kali oleh Larry Wall di mesin Unix. Perl dirilis pertama kali pada tanggal 18 Desember 1987 ditandai dengan keluarnya Perl 1. Pada versi-versi selanjutnya, Perl tersedia pula untuk berbagai sistem operasi varian Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. Dukungan terhadap pemrograman berbasis obyek (object oriented programming/OOP) ditambahkan pada Perl 5, yang pertama kali dirilis pada tanggal 31 Juli 1993. Proyek pengembangan Perl 6 dimulai pada tahun 2000, dan masih berlangsung hingga kini tanpa tanggal yang jelas kapan mau dirilis. Ini dikatakan sendiri oleh Larry Wall[1] dalam satu pidatonya yang dikenal dengan seri The State of the Onion.
Dua di antara karakteristik utama Perl adalah penanganan teks dan berbagai jalan pintas untuk menyelesaiakn persoalan-persoalan umum. Tidak heran jika Perl sangat populer digunakan dalam program-program CGI (Common Gateway Interface) dan berbagai protokol Internet lainnya. Seperti diketahui, TCP/IP sebagai basis bagi semua protokol Internet yang dikenal sekarang ini menggunakan format teks dalam komunikasi data. Seperti juga bahasa populer lainnya, Perl menerima banyak kritikan. Meski banyak di antaranya hanya berupa mitos, atau berlebih-lebihan, tapi terdapat juga sejumlah kritikan yang valid. Salah satunya adalah, sintaksnya susah dibaca, karena banyak menggunakan simbol-simbol yang bukan huruf dan angka.

Pemrograman Perl

Lihat Pemrograman Perl untuk pembahasan yang lebih komprehensif dan bersifat teknis.
Kode sumber Perl tidak perlu dikompilasi, melainkan bisa langsung dijalankan oleh sebuah program interpreter bernama perl. Misalnya,

#!/usr/bin/perl
print "Hello, world!\n";
 
Jika program di atas ditulis dalam sebuah berkas bernama hello.pl, lalu dijalankan dengan perintah (contoh di Linux):

$ perl hello.pl
 
Maka di layar akan tercetak:

Hello, World!
$
 
Bahkan, sebuah program yang mengerjakan proses rumit bisa ditulis  dengan jumlah karakter yang lebih pendek daripada jumlah kolom layar  standar, misalnya:
perl -lane '$h{$_}++ for @F; END { print "$_: $h{$_} " for keys %h}' <nama_berkas>
Program ini membaca sebuah berkas teks dan mencetak setiap kata unik dan jumlahnya di dalam berkas. Contoh hasil cetakan dengan sebuah berkas berisi kode SQL:

password: 2
category: 2
DROP: 20
TABLE: 40
varchar(12): 9
dst.
Tentu saja, yang dimaksud dengan "kata" di sini adalah rentetan  karakter tanpa spasi. Jika dituangkan dalam sebuah berkas, program di  atas bisa menjadi lima hingga sepuluh baris, tergantung gaya  pemrograman. Program semacam ini disebut juga oneliner, dan sering digunakan untuk keperluan sederhana dan cepat. Contoh lain penggunaan oneliner adalah mengubah nama berkas di suatu direktori menjadi huruf kecil semua, seperti:

perl -e 'rename $_, lc for <*>'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar